STIE BISNIS INDONESIA PETUKANGAN

For your better and brighter future

S1 Akuntansi

PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI

(173/SK/BAN-PT/AKRED/S/VI/2014)

Tentang Jurusan Ini 

Yang dimaksud dengan Akuntansi adalah proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan.

Sekarang ini, banyak perusahaaan-perusahaan yang memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan para mahasiswa yang baru lulus. Departemen ini tidak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga mengurus hukum perpajakan. Selain itu, data-data keuangan ini akan digunakan untuk memprediksi ekspansi perusahaan yang bersangkutan.

Apakah Jurusan Ini Tepat Untuk Saya?

Jika Anda punya rasa antusias terhadap bidang keuangan, ingin menyelami dunia bisnis dengan lebih mendalam dan ingin karir Anda sukses saat bekerja di perusahaan, mungkin Jurusan Akuntansi adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, mempelajari Akuntansi tidak berarti hanya mengandalkan bakat Matematika dan Bisnis. Minat akan Bidang Hukum dan Ilmu Ekonomi juga diperlukan. Mengapa demikian? karena selain diharuskan untuk menguasai berbagai pengetahuan mengenai transaksi keuangan, Anda juga akan dituntut untuk mempelajari hukum mengenai perpajakan dan kebijakan keuangan. Jadi, akuntansi itu tidak sesederhana ilmu berhitung, akan tetapi juga mencakup bidang studi yang luas.

Oleh karena itu, para calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini haruslah pribadi yang cepat tanggap, mau berusaha keras, dan juga bersedia meluangkan waktu untuk banyak membaca walaupun tidak dalam jam pelajaran.

Prospek Kerja

Sebagian besar lulusan dari Jurusan Akuntansi mengejar karir sebagai seorang Akuntan. Akan tetapi, dikarenakan jurusan ini mencakup bidang studi yang luas seperti Struktur Bisnis, Hukum dan Ilmu Ekonomi, maka tidak jarang para lulusan dari Jurusan Akuntansi juga diterima bekerja di bidang manajemen lainnya.

Dikarenakan para mahasiswa Jurusan Akuntansi dituntut untuk menguasai cara mengolah data-data keuangan semasa kuliah, maka banyak juga para lulusan yang diterima bekerja di Bidang Perbankan. Misalnya bekerja sebagai penasihat keuangan di bank. Alternatif lainnya adalah bekerja sebagai penganalisa resiko dalam perusahaan-perusahaan asuransi.

Masih ada banyak lagi pilihan-pilihan bagi para lulusan Jurusan Akuntansi. Misalnya bekerja pada organisasi non profit. Disini, para lulusan bisa menulis proposal untuk meminta pendanaan ataupun membuat permohonan hibah. Seandainya para lulusan memilih untuk mengejar karir di luar bidang Akuntansi, mereka juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai di Bidang Penjualan, Marketing, Periklanan, Hukum dan bahkan di Bidang Jurnalisme.

Bahkan tidak sedikit para lulusan yang memilih untuk meneruskan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi supaya kedepannya mereka bisa diterima untuk mengajar di bidang pendidikan.

Masa Studi

Masa Studi (S-1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia adalah 8 (delapan) Semester selama 4 (empat) tahun. Diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS), beban nya 144 SKS.

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Fotocopy Ijasah NEM SMA/SMK/MA/Paket C atau Sederajat dan SKHUN yang sudah terlegalisir masing-masing sebanyak 3 (tiga) lembar
  3. Pas Foto ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing sebanyak 4 (empat) lembar dengan latar belakang foto berwarna biru
  4. Fotocopy identitas diri (KTP/SIM), KK (Kartu Keluarga), dan Akte Kelahiran masing-masing sebanyak 3 (tiga) lembar
  5. Transkip nilai ijasah D-I, D-II, atau D-III dari akademik atau perguruan tinggi asal, dilegalisir masing-masing sebanyak 3 (tiga) lembar (Bagi Mahasiswa/i Lanjutan)
  6. Surat Keterangan Pindah dari perguruan tinggi asal (Bagi Mahasiswa/i Pindahan)