menulis makalah yang benar

Untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi, pasti sering banget mendapatkan tugas dalam bentuk sebuah makalah. Makalah adalah sebuah karya yang ditulis, memiliki sifat ilmiah dan di dalamnya berisi pembahasan mengenai suatu topik tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah diartikan dalam dua hal. Yang pertama didefinisikan sebagai tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Namun, nggak sedikit mahasiswa yang salah dalam membuat makalah. Faktornya beragam seperti kerangka pembahasan yang kurang tepat, tata bahasa yang kurang baik, format halaman yang salah, dan masih banyak lagi. Salah satu diantara kamu sering mengalami kejadian seperti ini, kan? Pasti malas banget deh buat merevisi makalahnya. Nah, kamu nggak perlu khawatir, sekarang kita akan bahas gimana cara membuat makalah yang benar dan juga contoh-contohnya. Yuk, disimak, ya!

Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenis Makalah Mahasiswa Lengkap

Sebelum kamu membuat makalah, kita kasih tahu ciri-ciri, fungsi, dan jenis makalah. Biar kamu semakin paham dalam membuat makalah.

1. Ciri-ciri makalah

  • Sebuah hasil dari laporan pelaksanaan suatu kegiatan di lapangan mengenai masalah yang muncul.
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori atau kemampuan untuk menerapkan prosedur terkait masalah.
  • Dapat menunjukkan kemampuan untuk memahami teori atau sumber yang digunakan dalam menyusun sebuah makalah.
  • Untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki ketika menyusun berbagai sumber informasi untuk menyelesaikan masalah.

2. Fungsi makalah

  • Untuk melatih kamu agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat.
  • Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoretis maupun konsep praktis.
  • Memperluas wawasan keilmuan kamu.
  • Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

3. Jenis makalah

  • Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan kajian teori yang relevan dengan masalah yang dibahas.
  • Makalah induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif dalam hal apa saja yang diperoleh di lapangan tetapi masih relevan dengan pembahasan.
  • Makalah campuran adalah makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian teori dan data empiris. Bisa dibilang, makalah campuran ini adalah kombinasi antara makalah deduktif dan induktif.

Cara Membuat Contoh Makalah Mahasiswa yang Baik dan Benar

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat makalah. Berikut ini cara membuat makalah sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menyelesaikan tugas.

1. Tentukan tema

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat makalah adalah menentukan tema yang ingin kamu bahas. Kamu harus tahu lebih dulu apa tema yang kamu inginkan dan menarik untuk dibahas. Penentuan tema sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam membuat suatu makalah dan proses pengerjaannya. Jadi, sebisa mungkin kamu memilih tema yang kamu mengerti agar lebih mudah membahasnya.

cari tahu tips dan cara membuat makalah serta contoh makalah mahasiswa di sini

2. Tentukan judul

Setelah kamu menentukan tema yang akan dibahas, selanjutnya adalah menentukan judul untuk makalah yang dibuat. Buatlah judul yang menarik, spesifik, dan jelas. Ini bertujuan supaya judul makalah kamu dapat mewakili pokok pembahasan pada makalah dan penyusunan makalah hanya fokus pada topik pembahasan tersebut.

3. Kumpulkan bahan referensi

Usahakan kamu mengumpulkan dulu bahan referensi dan menggunakan referensi dari sumber yang jelas untuk membuat makalah. Kamu bisa dapatkan bahan referensi dari berbagai jenis jurnal, buku, artikel yang ada di internet. Khusus untuk artikel internet, pastikan sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan, ya! Hal ini bertujuan untuk menjaga kredibilitas penulisan makalahmu.

4. Baca referensi makalah dengan tema sejenis

Sebelum kamu memulai penulisan makalah, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu beberapa makalah dari berbagai sumber yang memiliki kesamaan tema denganmu. Hal ini bisa menguntungkanmu untuk mendapatkan gambaran seperti apa penulisan makalahmu nanti. Tapi, kamu harus ingat juga untuk membatasi jumlah makalah yang kamu baca supaya tidak menghilangkan fokus utama pada topik pembahasanmu. Jangan juga kamu jiplak makalah tersebut ya, membaca makalah dengan tema sejenis bertujuan untuk menambah pemahaman kamu tentang tema yang sudah kamu pilih.

5. Menulis makalah secara sistematis

Tulislah makalahmu secara sistematika struktur makalah. Mulailah dari bagian pendahuluan dan selesai di bagian kesimpulan secara jelas. Jangan sampai melenceng dalam penulisan makalah, ya, karena bisa berakibatkan ketidakjelasan topik yang kamu bahas. Manfaatkan referensi yang kamu dapatkan sebelumnya dalam pembuatan makalahmu. Dengan begitu, hasil pembahasan dari makalahmu bisa dipertanggungjawabkan.

6. Penambahan kutipan

Dalam isi pembahasan makalah, sering kali membutuhkan sebuah kutipan untuk memperkuat data yang kamu dapatkan. Kutipan terdiri dari dua jenis, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung adalah tulisan yang dibuat sama persis dengan aslinya, tanpa diubah sedikitpun. Sedangkan kutipan tidak langsung adalah kamu sebagai penulis makalah memotong bagian tertentu dari sumber dan dicampurkan dengan pendapatmu sendiri.

7. Sunting makalah

Cek dulu makalahmu apakah sudah sesuai dengan struktur makalah yang sudah ada atau belum. Periksa juga setiap tulisannya jangan sampai ada kesalahan dalam pengejaan, tanda baca, dan bahasa yang digunakan.https://www.youtube.com/embed/ofGpzbUdkjc?feature=oembed

Struktur dalam Makalah Lengkap

Ada baiknya kamu membuat makalah simak lebih dulu seperti apa struktur makalah agar memudahkanmu dalam penyusunan makalahmu nanti.

1. Cover

Cover adalah sampul dari makalah yang memuat judul logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit. Untuk bagian cover, sebaiknya kamu menggunakan pengaturan rata tengah (center) agar cover terlihat lebih rapi

2. Kata pengantar

Kata pengantar juga merupakan salah satu bagian yang harus ada di sebuah makalah. Sesuai dengan namanya, kata pengantar berfungsi sebagai pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang kamu buat. Ini adalah contoh kata pengantar.

3. Daftar isi

Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari konten makalah yang kamu buat. Untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu, kamu harus memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab di makalah kamu. Ini adalah contoh dari daftar isi.

4. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan biasanya terdiri atas 3 sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung. Di bagian rumusan masalah, kamu bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan di bagian pembahasan nanti. Pada tujuan, kamu bisa menuliskannya secara singkat dan menggambarkan secara jelas manfaat dari makalah yang kamu buat. Berikut contoh dari latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

5. Pembahasan

Pembahasan merupakan bagian yang paling penting dari sebuah makalah. Ini adalah bagian yang berisi uraian pokok dari permasalahan yang akan kamu bahas. Bagian pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang telah kamu buat sebelumnya. Biasanya pembahasan mencakup tentang landasan teori uraian materi, solusi dan penyelesaian dari suatu permasalahan.

6. Penutup

Pada bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisikan tentang ringkasan dari hasil pembahasan makalahmu. Untuk menulis bagian ini, kamu bisa mengambil poin penting pada setiap bagian sebelumnya untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Saran merupakan suatu bagian dalam makalah yang ditujukan untuk si penulis. Saran dapat berisikan harapan kamu sebagai penulis makalah agar makalah yang kamu buat bisa bermanfaat untuk pembaca. Berikut adalah contoh kesimpulan dan saran.

7. Daftar pustaka

Daftar pustaka berisikan daftar referensi yang kamu gunakan dalam penulisan makalah. Referensinya bisa dari buku, jurnal, atau informasi valid yang kamu dapatkan dari internet.

Nah, itu tadi beberapa ulasan dan contoh yang bisa kamu terapkan dalam membuat tugas makalahmu. Saat membuat makalah jangan lupa selalu perhatikan hal-hal tadi, ya!

Selain memperhatikan struktur makalah, kamu juga harus memperhatikan tata bahasa dan tanda bacanya juga, serta carilah sumber referensi yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sumber :CicilBlog