Saat ini banyak hal yang bisa dilakukan dari rumah, salah satunya dengan memulai bisnis online. Era digital membuka peluang yang sangat besar dalam bisnis online.

Sebuah tren baru guna mencari mata pencaharian yaitu dengan menjalankan bisnis secara online. Bisnis ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun, karena cukup dengan menggunakan internet saja.

Beberapa hal dalam memulai bisnis online harus dipahami dengan jelas. Seperti apa 10 hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis secara online. Yang terakhir yaitu manfaat yang dihasilkan saat memulai bisnis secara online.

1. Menentukan Rencana

Dalam memulai suatu bisnis tentu dibutuhkan rencana yang matang. Rencana merupakan poin per poin yang akan dilakukan dalam memulai sebuah bisnis. Penentuan rencana harus dilakukan dengan detail dan sesuai kemampuan. 

Melakukan dengan baik apa saja yang diperlukan dalam memulai bisnis secara online akan memudahkan langkah selanjutnya. Rencana ini bisa disusun dengan menggunakan list apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Seperti, modal, produk, hingga hal teknis lain yang dibutuhkan

Dan promosi apa yang akan dilakukan kedepan nanti, bisa juga dengan memikirkan strategi bisnis yang akan dijalankan. Apalagi ini adalah bisnis online, maka akan lebih banyak fokus untuk secara online di depan laptop atau handphone.

2. Fokus pada Bisnis Online

Jika sudah menentukan bisnis apa yang akan dijalankan, maka tetaplah fokus. Fokus pada bisnis secara online ini dibutuhkan agar bisa mengatur apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis. Mulai dari modal hingga produk dan pelayanan kepada pelanggan. Atur waktu secara pribadi untuk bisa memulai bisnis online.

Gunakan manajemen waktu guna memaksimalkan jualan secara online. Cobalah menekuni dengan baik bisnis secara online dan tidak bercabang dengan bisnis lain. Agar bisnis bisa berjalan lebih maksimal dan bisa berkembang lebih pesat lagi.

Dengan fokus pada satu hal saja tentu akan lebih maksimal dan lebih baik hasilnya. Serta bisa mengevaluasi dengan baik setelah bisnis secara online berjalan beberapa waktu. Kemudian kembangkan lagi agar lebih sukses.

3. Meet Up dengan Komunitas Bisnis Online

Guna menunjang bisnis yang akan dilakukan, bisa dengan bergabung pada komunitas bisnis. Dengan begitu akan mendapatkan dukungan dari komunitas bisnis. Selain itu, bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Selanjutnya dapat mendengarkan sharing dari pelaku bisnis yang sudah memulai usahanya. Sehingga semakin banyak pengalaman dari orang lain yang bisa dijadikan acuan bisnis secara online.

Pengalaman dari para pelaku bisnis yang sudah lebih dahulu mengalami perjalanan bisnis yang penuh tantangan, bisa jadi pengingat. Sehingga bisa mengambil pelajaran dari orang lain dan diterapkan dalam bisnis secara online yang akan dilakukan.

Dengan adanya komunitas online juga membuka jejaring luas guna membranding diri dengan produk yang dihasilkan

4. Menentukan Produk

Tentukan produk yang berlaku sepanjang masa, karena produk tersebut bisa awet dan bertahan lama. Berbeda jika memilih produk yang sedang tren saja, jika tren berakhir maka produk pun ikut tenggelam popularitasnya. 

Oleh karena itu, dalam menentukan produk cobalah untuk memahami kebutuhan para konsumen. Pilihlah produk yang memang bisa dijual dengan harga rata-rata saja. 

Artinya tidak terlalu mahal dan tidak juga murah, namun tetap utamakan kualitas produk. Selain itu, berikan ciri khas produk yang ditawarkan. Sehingga saat dibandingkan dengan produk sejenis, produk milik sendiri lebih memiliki keunggulan.

5. Susun Anggaran

Anggaran digunakan saat awal memulai bisnis online. Melakukan list daftar anggaran terdiri dari modal awal dan apa saja yang dibutuhkan. Anggaran juga berfungsi untuk mengetahui jumlah nominal modal yang harus disiapkan.

Anggaran ini juga digunakan sebagai acuan perhitungan ke depan. Untuk menghitung berapa pengeluaran selanjutnya berapa keuntungan yang akan diperoleh. Anggaran juga bisa memprediksi keuangan dari bisnis yang sedang dijalankan.

6. Miliki Website

Saat membuka toko online, sebaiknya memiliki website sendiri. Gunanya agar para konsumen semakin percaya kepada produk yang ditawarkan. Website pribadi juga bisa didesain secara khusus agar terlihat menarik. 

Dengan menampilkan ciri khas toko online via website maka konsumen semakin percaya dan tertarik untuk membeli produk. Website dibuat dengan berbagai macam, ada beberapa situs website gratis. Bisa juga dengan membeli domain untuk situs website dengan nama milik pribadi.

7. Pilih Nama Online Shop

Tentukan nama online shop yang begitu memberikan ciri khas diri. Atau kata yang mudah diingat pelanggan, misalnya saja kalimat simple dan unik lainnya. Pemilihan nama toko akan menjadi branding selamanya. Para pelanggan akan mengingat nama online shop dengan mudah dan merekomendasikan ke orang lain.

Biasanya nama online shop ini nantinya akan dipakai seterusnya. Dan disesuaikan dengan produk yang dijual. Nama tersebut juga biasanya dipilih dengan pertimbangan memiliki nilai promosi. Dan nama online shop ini juga bisa digunakan pada nama situs website yang akan dibuat.

8. Miliki Identitas Toko

Identitas toko wajib dicantumkan, seperti pemilik toko, seperti apa tokoh tersebut. Dan cantumkan beberapa testimoni dari pelanggan guna membuka kepercayaan konsumen lain. Identitas toko ini juga digunakan agar konsumen bisa melihat apakah toko tersebut memiliki kredibilitas tinggi atau tidak.

Selama ada identitas toko, maka konsumen bisa melakukan tracking terhadap toko tersebut. Karena membangun kepercayaan konsumen sangat penting dan mempengaruhi dari produk yang akan dijual.

9. Berikan Layanan Prima dan Utamakan Kualitas Produk

Jika sudah memiliki pelanggan, maka berikan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan melakukan repeat order. Selain itu, utamakan kualitas produk agar pelanggan merasa puas. Berikan beberapa diskon menarik atau promo produk agar konsumen baru semakin tertarik untuk membeli.

Layanan prima bisa berupa keramahan untuk menjawab saat konsumen menanyakan barang. Dengan fast respon dan layanan cepat kirim pada konsumen. Selain itu, berikan pula jaminan dari produk yang ditawarkan dengan memberikan produk yang sangat berkualitas dan bermutu tinggi.

10. Lakukan Promosi di Berbagai Media

Jika memulai bisnis online, maka promosikan pulsa secara online ke berbagai media sosial manapun. Dengan begitu banyak masyarakat tahu akan toko online yang dimiliki. Dan siapa tahu ada yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Lakukan sebanyak mungkin promosi untuk menjaring banyak jangkauan konsumen. Bisa dengan memulai promosi dari website, akun media sosial hingga via status whatsapp. Dengan begitu orang-orang akan semakin mengenal produk yang ditawarkan.

Jejaring sosial memang memiliki peranan penting dalam mempromosikan produk secara luas. Sehingga produk lebih dikenal dan banyak konsumen yang membeli produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memulai bisnis secara online. Dengan menjalankan bisnis secara online, bisa mendapatkan banyak manfaat yang bisa dinikmati, salah satunya menghasilkan pendapatan.

Seseorang yang menjalankan bisnis secara online harus memperhatikan kriteria dan perencanaan secara baik dan benar agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Berbagai macam jenis bisnis online yang bisa dilakukan, bisa dipilih sebagai pertimbangan saat memulai bisnis. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi diri serta yang mudah dijalankan sewaktu-waktu.

11. Gunakan Pembukuan yang Baik

Sebagai pembisnis pencatatan transsaksi keuangan ialah hal yang perlu di perhatikan. Oleh karena itu Anda perlu memiliki pembukuan yang baik dan akurat untuk bisnis online Anda.

Pembukuan biasanya digunakan oleh pemilik usaha yang bertujuan agar memiliki semua transaksi benar-benar tercatat dengan rapih dan untuk membuat catatan pendapatan dan pengeluaran.

Sebagai pemilik usaha online Anda juga perlu mempromosikan produk Anda di beberapa e-commerce yang bertujuan agar orang-orang mengetahui produk Anda. Saat ini e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee sebagai pilihan utama pelanggan dalam memilih produk.

Oleh karena itu, Anda dapat bisa menggunakan software akuntansi  untuk membantu mengelola urusan finansial dan pembukuan toko online secara optimal.

Accurate Online mempunyai fitur smartlink e-commerce yang membantu Anda untuk import transaksi penjualan dari aplikasi e-commerce secara semi otomatis. Dengan adanya Accurate Online bisnis akan lebih mudah dalam pengelola stok dan pencatatan penjualan.

sumber:accurate.id