[Fimela] wfh

Pandemi Covid-19 mengubah segala aspek kehidupan. Sebelum adanya pandemi masyarakat dapat melakukan segala aktivitas di luar rumah, tetapi sekarang masyarakat dituntut sebisa mungkin untuk melakukan segala hal di rumah saja melalui berbagai aplikasi penunjang.

Tak sedikit masyarakat yang bertransisi dan mengalami stres karena harus bekerja dari rumah secara daring. Yang tadinya segala hal bisa dilakukan dengan cepat, menjadi sedikit terhambat.

1. Menjaga jadwal tidur

Tetap menjaga waktu tidur dan bangun adalah aspek yang penting untuk dilakukan dalam perawatan diri. Jika waktu tidur Anda kurang, maka akan terasa pusing dan akan menganggu hari.

Tidur siang juga dapat menganggu jam tidur pada malam hari. Jika Anda benar-benar ingin tidur pada siang hari, usahakan tidur dalam waktu 20 menit dan jangan lupa untuk memakai alarm pengingat.

2. Gunakan pakaian yang rapi

Meski bekerja dari rumah tetap usahakan untuk berpakaian serapi mungkin layaknya Anda bekerja di kantor karena salah satu bagian untuk perawatan diri.

3. Buat ‘perjalanan’ dari rumah ke kantor

Perjalanan yang dimaksud bukanlah pergi ke kantor untuk bekerja. Melainkan waktu yang Anda habiskan untuk perjalanan ke kantor diganti menjadi rutinitas yang baru sebelum mulai bekerja. Seperti minum kopi sambil bersantai pada pagi hari atau aktivitas yang lainnya.

4. Membuat ruang kerja sendiri

Meskipun bekerja dari rumah, tetapi buatlah ruang kerja sendiri yang semenarik dan mirip dengan ruang kerja di kantor. Agar tetap merasa bekerja di kantor sehingga dengan melakukan hal tersebut dapat merawat diri.

5. Membuat jadwal istirahat

Selain fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan jeda waktu untuk berdiri dan melakukan pereggangan untuk beristirahat sejenak.

6. Jangan lupa makan siang dan minum

Pikirkan makan siang yang sehat sebagai bentuk dari perawatan diri karena dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan untuk memiliki energi yang konsisten.

Selain itu jangan lupa untuk menyiapkan minuman di samping tempat Anda bekerja agar tidak merasa dehidrasi pada saat bekerja.

7. Menyengarkan pikiran

Dengan cara olahraga ataupun berdiri dan bergerak selama 15 menit dapat memberikan manfaat termasuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat menyengarkan pikiran dan mood Anda sehingga memiliki semangat yang baru lagi untuk bekerja.

8. Melakukan olahraga secara online

Menjadwalkan waktu Anda untuk berolahraga adalah bentuk perawatan diri. Karena sedang dalam masa pandemi, maka Anda bisa mengikuti kelas berolahraga secara online.

Jika pekerjaan yang Anda lakukan tidak melibatkan video call meeting maka dengan mengikuti kelas olahraga online dapat membantu terhubung dan merasa bekerja karena adanya keterlibatan.

9. Libatkan anak dalam program perawatan diri

Aturlah waktu Anda untuk ikut terlibat dalam aktivitas yang sedang anak Anda lakukan di rumah. Mengatur rutinitas dan strukut yang baru adalahs egalanya dalam melakukan perawatan diri.

10.  Atur waktu istirahat untuk menghindar terlalu banyak kerja

Seperti membangun kegiatan baru sebelum bekerja di pagi hari, Anda juga harus mengetahui dan mengatur waktu selesai bekerja. Dengan cara menutup email kantor, berganti pakaian setelah itu beraktivitasla seperti biasa setelah pulang bekerja.

11.  Buatlah waktu untuk ‘me time’

Dengan menemukan cara sehat untuk menghibur diri sendiri, menetapakn prioritas, tetap terhubung dan menciptakan struktur yang baru dapat memberi mengurangi pemicu dari stres besar sehingga dapat melakukan perawatan terhadap diri Anda secara benar.

Sumber : https://www.liputan6.com