Tips Anti Pemborosan di Fase Kenormalan Baru

Kehidupan masyarakat Indonesia kembali mengalami perubahan. Setelah pandemi virus memaksa orang-orang untuk tinggal di rumah, kini memasuki fase New Normal atau kenormalan baru, masyarakat akan segera kembali beraktivitas normal seperti biasa sekaligus beradaptasi dengan sejumlah aturan baru protokol kesehatan.

Mengikuti perubahan perilaku dan gaya hidup baru, cara mengatur keuangan pribadi pun ikut berubah. Ketika menjalani kenormalan baru, pengeluaran Anda otomatis semakin bertambah. Selain harga-harga pada naik, Anda harus memenuhi keperluan APD, ongkos transport dan makan. Belum lagi godaan untuk belanja dan jalan-jalan karena mall, pertokoan dan objek wisata kembali dibuka.

1. Atur ulang pos pengeluaran

Masker, hand sanitizer, desinfektan dan sarung tangan menjadi barang wajib masuk ke pos pengeluaran. Pengeluaran APD ini bisa lebih boros. Bujet untuk ongkos transportasi juga perlu diatur kembali, terutama jika Anda memilih beralih dari sebelumnya transportasi massal ke transportasi online. Dengan kondisi ini, Anda perlu menutup beberapa pos pengeluaran seperti nongkrong, hiburan dan liburan.

2. Bawa bekal makanan

Untuk mengantisipasi pengeluaran makan, Anda bisa siasati dengan membawa bekal makanan dari rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran, bekal dari rumah juga memastikan makanan yang Anda konsumsi lebih terjamin kebersihannya.

3. Bijak dalam berbelanja

Keinginan untuk belanja memang sulit dibendung. Namun ingat, lakukan dengan wajar dan jangan kalap. Bijaklah dalam berbelanja, jangan sampai Anda menguras isi dompet Anda atau malah menambah hutang. Tunda dulu belanja barang-barang mahal atau yang belum urgent Anda butuhkan. Ini masih kenormalan baru, pandemi virus masih belum berakhir.

4. Manfaatkan promo

Sama seperti belanja, keinginan untuk kuliner tentu sulit untuk dibendung. Untuk menjaga dompet agar tidak cepat terkuras, Anda bisa siasati dengan memanfaatkan promo yang ada. Salah satunya adalah pembayaran makanan dengan kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA.

Saat ini, DANA memiliki berbagai promo menarik kerjasama dengan bank-bank di Indonesia. Di DANA, setidaknya Anda bisa menemukan 12 promo lho. Mulai dari promo digibank, BRI, Maybank, BNI dan masih banyak lagi. Daftar promonya bisa Anda cek di sini.

Selain bonus voucher DANA, transaksi juga lebih praktis dan cepat karena didukung fitur Mix Pay. Fitur Mix Pay memungkinkan Anda menggabungkan 2 cara bayar antara Saldo DANA dan metode pembayaran lain di DANA seperti Kartu Bank (yang udah tersimpan di DANA), Transfer Bank, Virtual Account, OneKlik BCA. Jadi, jika Saldo DANA Anda kurang tak perlu repot top up Saldo DANA karena Anda bisa menggunakan Mix Pay.

5. Hindari hutang

Di masa pandemi virus saat ini, kestabilan sektor keuangan menjadi hal yang sangat penting. Sebisa mungkin hindari untuk menambah cicilan atau pengeluaran lain yang tidak terkait dengan perlindungan kesehatan.

Yuk sama-sama menghadapi kenormalan barul dengan tubuh dan keuangan yang sehat.

Sumber