Ilustrasi uang

Meskipun uang mungkin bukan fokus utama Anda dalam hidup, Anda perlu memiliki sejumlah penghasilan tertentu untuk keluarga, perumahan, makanan, pakaian, hiburan, sekolah, dan pengeluaran lainnya, semuanya bertambah dengan cepat, dan mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi banyak keluarga ini mengarah pada stres yang berkelanjutan.

Ketika uang terasa sulit, Anda mungkin mulai mempertimbangkan cara-cara lain untuk menghasilkan lebih banyak uang. Selain itu, orang tua juga harus memikirkan tentang bagaimana mereka, akan merawat diri mereka sendiri selama masa pensiun, yang membutuhkan pasokan uang yang lebih besar.

Apakah Anda baru saja memulai sebuah keluarga, atau Anda dengan cepat mendekati masa pensiun Anda, enam tips di bawah ini akan membantu Anda menambah penghasilan keluarga Anda dan meningkatkan kualitas hidup Anda, dilansir dari laman Briantracy.com:

1. Pertimbangkan Memulai Bisnis Sampingan

Dalam banyak kasus, penghasilan yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga Anda. Dalam kasus lain, penghasilan ini dapat memenuhi kebutuhan paling dasar Anda, tetapi itu tidak memberi Anda uang tambahan yang Anda butuhkan, untuk menabung demi pensiun atau membayar liburan.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah memulai bisnis Anda sendiri, di samping untuk mendapatkan uang tunai tambahan. Namun, penting untuk diingat bahwa perlu waktu agar bisnis baru menjadi sukses, jadi Anda tidak boleh berharap untuk melihat peningkatan dramatis dalam penghasilan Anda dalam semalam.

2. Minta Naikkan Gaji

Jika pekerjaan Anda saat ini tidak memberi Anda penghasilan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan keuangan Anda, solusi lain yang mungkin dilakukan adalah meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda.

Dalam beberapa kasus, seorang majikan mungkin bersedia untuk menaikkan gaji Anda, hanya karena Anda mengajukan permintaan, terutama jika Anda adalah karyawan yang berharga yang telah lama bersama perusahaan.

Jika majikan Anda tidak akan memberi Anda kenaikan gaji yang diminta, pertimbangkan untuk mencari posisi lain di bidang yang Anda kuasai dengan gaji yang lebih baik. Anda juga dapat meningkatkan gaji dengan mengajukan promosi di perusahaan yang sama.

3. Berinvestasi dalam Real Estate

Meskipun strategi ini membutuhkan komitmen jangka panjang, berinvestasi dalam real estat adalah cara hebat lainnya untuk menambah kekayaan bersih keluarga Anda, atau menyimpan uang untuk masa pensiun.

Anda dapat memilih untuk berinvestasi di properti sewaan yang memberi Anda penghasilan setiap bulan, atau Anda dapat memilih properti yang bisa Anda bentuk ulang dan jual untuk mendapat untung. Beberapa investor juga memilih untuk membeli real estat yang mereka yakini akan meningkat nilainya seiring waktu.

4. Investasikan di Pasar Saham

Berinvestasi di pasar saham adalah strategi menghasilkan uang yang bisa sangat menguntungkan jika digunakan dengan benar. Namun, penting juga untuk menyadari bahwa investasi pasar saham bukannya tanpa risiko. Jika Anda membuat pilihan yang salah, atau mencoba bergerak terlalu cepat, Anda dapat kehilangan sejumlah besar uang dalam saham.

Untuk alasan ini, jika Anda memilih untuk berinvestasi di pasar saham, Anda harus mempertimbangkan bekerja dengan penasihat investasi yang memenuhi syarat, yang dapat membantu Anda meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

5. Hidup Sesuai Anggaran

Banyak keluarga membelanjakan lebih dari yang dibutuhkan setiap bulan, hanya karena mereka tidak memiliki anggaran yang sesuai. Catat semua pengeluaran Anda dan hilangkan tagihan yang tidak perlu Anda bayar. Anda juga dapat menghemat uang dengan menurunkan biaya beberapa tagihan yang tidak dapat dihilangkan.

Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa tagihan telepon seluler Anda jauh lebih tinggi, daripada yang seharusnya atau bahwa Anda membayar terlalu banyak untuk asuransi mobil. Gunakan uang ekstra untuk menabung masa pensiun atau untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Anda.

6. Konsultasikan dengan Penasihat Keuangan

Memperbaiki situasi keuangan Anda bisa jadi menantang, terutama jika Anda tidak yakin dari mana Anda harus mulai. Seorang penasihat keuangan dapat membantu Anda memeriksa pendapatan, pengeluaran, dan investasi Anda dengan cermat sehingga Anda dapat mengidentifikasi cara terbaik untuk memperbaiki situasi Anda, dan mulai menghasilkan atau menyimpan lebih banyak uang.

Penasihat keuangan juga akan dapat membantu Anda memutuskan, apakah sepadan dengan waktu dan upaya untuk menggunakan strategi menghasilkan uang yang lebih ambisius, seperti berinvestasi di real estat atau memulai bisnis Anda sendiri.

Sumber