1.jpg

Liputan6.com, Jakarta – Kebanggaan datang ketika mampu menghasilkan uang sendiri tanpa harus meminta dari orangtua. Atau bekerja sembari melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi untuk meningkatkan skill.

Pastinya, keinginan ini bisa terwujud jika bisa membagi waktu dengan tepat, sehingga tidak ada salah satu yang ditelantarkan. Menyelaraskan dua kegiatan sekaligus memang tidak mudah.

Tapi, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut agar kuliah dan pekerjaan tetap seimbang serta tidak keteteran. Bagaimana caranya? Simak cara menyiasai bekerja sambil kuliah berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apa Saja yang Akan Dilakukan Sehari-hari, Buat Daftar Jadwalnya

Waktu luang siap-siap tersita dikala Anda memilih bekerja sambil kuliah. Mengingat waktu Anda kini terbatas, sebaiknya atur jadwal kegiatan sehari-hari dengan baik, mulai dari jadwal kuliah hingga jadwal bekerja.

Rencanakan apa yang akan Anda lakukan hari ini, besok, lusa, dan seterusnya agar semua tersusun rapi. Dengan demikian, waktu Anda tidak terbuang sia-sia.

Luangkan waktu 5-10 menit setiap hari untuk menyusun daftar kegiatan sehari-hari. Atau bisa juga Anda menyusunnya untuk jadwal kegiatan sepekan bahkan sebulan ke depan.

Lalu, tempelkan di dinding kamar atau tambahkan di pengingat handphone. Ketika waktunya tiba, Anda bisa bergegas menyelesaikan kegiatan seperti yang sudah terjadwal.

2. Tolak Ajakan untuk Pergi Hura-hura