kerja nggak bahagia

Kata toxic dan burnout sedang populer di dunia kerja zaman sekarang. Tempat kerja yang toxic terutama bisa membuat pegawai kelelahan, depresi atau sakit.

Dilansir dari The Ladders, toxic dalam konteks dunia kerja adalah kondisi kantor yang tidak ideal, seperti bullying, kurangnya kepercayaan, tidak menghargai, dan bermacam jenis hal negatif lain. Efeknya tidak cuman merugikan fisik pegawai, tetapi juga secara kondisi internal.

Solusi melawan tempat kerja toxic pastinya adalah pindah kerja. Akan tetapi, tidak semua orang bisa begitu saja langsung pindah kerja.

Ada beberapa cara untuk meredakan efek negatif dari tempat kerja toxic. Untuk itu beberapa hal yang perlu dilakukan mulai dari sebelum kerja, saat kerja, dan sesudah pulang kerja.

Dan berikut tips menghadapi tempat kerja toxic seperti yang dirangkum dari The Ladders.

 

Sebelum Kerja

1. Jangan cek email sebelum kerja

Kemungkinan segala hal terkait kerja bisa memberikan mindset negatif. Jika sebelum berangkat sudah mengecek email kerja, otomatis kamu akan menghabiskan waktu lebih lama dengan mindset negatif.

2. Awali hari dengan mengingat kemenangan kecil

Mengingat “kemenangan kecil” seperti olaharga atau pulang tepat waktu bisa melatih otak untuk mendapatkan kemenangan lebih banyak. Rutinitas itu membuat pikiran lebih fokus ke yang positif ketimbang negatif. Jangan lupa merapikan kasur karena memberikan rasa kerapihan.

3. Buat daftar syukur

Tulis keuntungan-keuntungan positif yang kamu dapat di tempat kerja. Ini juga membantu memberi mood positif serta mencegah otak terus-terusan beperkir negatif.

Ketika Bekerja

         1. Jauhi rekan kerja yang membuat konflik