Wah, sudah memasuki masa UAS nih, banyak dari kalian yang sudah siap dan ada juga yang was-was. UAS sendiri adalah serangkaian pengujian materi perkuliahan yang dilaksanakan di akhir semester pada akhir semester ganjil dan genap.

UAS kerap menjadi beban terberat bagi mahasiswa baik mental maupun emosional. Tapi untuk Kamu saat ini tidak perlu resah lagi karena ada antisipasi berupa tips yang akan membuat perjalanan UAS menjadi lancar.

1. Belajar

Sukses Hadapi UAS - Belajar

Tips pertama tentu faktor belajar. Namanya ujian ya kamu harus belajar, jangan sampai mengandalkan faktor keberuntungan. Usahakan jangan sampai gunakan sistem kebut semalam.

Kamu bisa bayangkan jika waktu belajar hanya mengandalkan semalam sebelum pelaksanaan uas saja, padahal materi seabreg yang belum pernah kamu baca, keesokan hari bukannya fokus jawab soal bisa-bisa kamu kelelahan karena baca materi semalaman. Solusinya, jauh-jauh hari kamu ulas lagi materi yang akan di ujiankan.

2. Buat manajemen waktu

Sukses Hadapi UAS

Jika ingin belajarmu kondusif, buatlah manajemen waktu sebaik mungkin. Kamu harus bisa membagi waktu antara belajar, main dan kegiatan lainnya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda sebelum UAS berlangsung agar tidak mengganggu waktu ujian. Dan juga, buatlah time scedhule belajar supaya bisa membagi waktu saat belajar antar mata kuliah yang berbeda.

3. Tentukan Cara Belajarmu

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Piihlah metode belajar yang tepat supaya bisa menguasai materi yang akan diujikan misalnya belajar kelompok atau mandiri.

Selain itu kamu juga bisa gunakan metode verbal, audio atau media lain yang membantu proses belajar. Pilih tempat yang membuatmu nyaman saat belajar supaya lebih fokus dalam memahami materi.

4. Membuat Catatan Kecil

Catatan kecil ini bukan untuk mencontek lho ya, melainkan untuk mengingat lebih mudah materi khususnya dari kisi-kisi yang dosen berikan. Biasanya akan lebih mudah mengingatnya apalagi dengan sistem rewrite, setidaknya kamu akan mengingat poin-poin tulisan yang kamu tulis sendiri.

5. Membuat Mind-Mapping

Mind-Mapping akan membantu kamu untuk lebih memahami alur materi yang sedang kamu pelajari. Kamu bisa membuatnya semenarik mungkin agar mudah dipahami dengan gaya bahasa sendiri. Tidak jarang cara seperti ini dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester.

6. Perbanyak Latihan Soal

Tidak hanya materi saja yang bisa kamu pelajari, sering latihan menjawab soal dari beberapa referensi perlu kamu lakukan. Bukan tidak mungkin jika soal yang keluar tahun lalu bisa keluar di tahun ini. Kamu bisa tanyakan referensinya melalui kakak tingkat, bagaimana tipe soal yang biasanya dibuat oleh dosen yang bersangkutan.

7. Jaga kesehatan

Jika semua usaha sudah kamu lakukan mulai dari belajar hingga rutin mengerjakan latihan soal tapi kondisi kesehatanmu tidak dijaga akan tidak adil bagimu. Jangan sampai badanmu terforsir kegiatan-kegiatan berat yang mengakibatkan drop. Makanlah makanan yang bergizi, rutin olahraga agar tetap sehat dan menjalankan UAS dengan lancar.

8. Berdoa

Terakhir, inilah yang paling penting dari semua yang sudah kamu lakukan. Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kelancaran saat mengerjakan UAS dan diberi hasil maksimal. Jangan lupa meminta restu orang tua agar hati kalian lebih tenang.